DO NOT MISS

1/09/2014

Dulu Pecinta Alam, Kini Lembaga Kemanusiaan

SEBUAH spanduk ramping terpasang memanjang dari atas ke bawah gedung perkuliahan Fakultas Kedokteran Unhas. Spanduk itu memamerkan salah satu nama lembaga kemanusiaan yang bergerak di bidang medis, Calcaneus. Spanduk itu sekaligus jadi penanda bahwa lokasi sekretariat lembaga kemanusiaan ini sudah sangat dekat.

Selang beberapa saat, koordinator Hubungan Luar Tim Bantuan Medis (TBM) Calcaneus, Monareza Ristantia Shirly, menghampiri penulis. Bersama rekannya, Indrawati A Talila, keduanya mengajak penulis melihat langsung sekretariat mereka. Pun, memberi informasi ihwal sejarah dan kiprah TBM ini.

Sebagian besar mahasiswa luar dan masyarakat umum menilai Fakultas Kedokteran Unhas adalah fakultas yang paling mewah nan "super elegan". Namun, saat penulis melihat langsung sekretariat tersebut, tampak jelas nuansa kesederhanaan kebersahaajaan.

Sejumlah mahasiswa kedokteran terlihat melepaskan lelah di lantai ruang yang berukuran sedang itu. Hanya pendingin ruangan (AC) yang terlihat sudah tua yang layak disebut barang mewah. Dinding sebelah kanan sekretariat juga terpajang foto-foto ketua TBM Calcaneus dari masa ke masa.

Monareza Ristantia Shirly mengisahkan, predisposisi dari terbentuknya TBM Calcaneus Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin adalah Pertemuan Nasional Tim Bantuan Medis Fakultas Kedokteran se-Indonesia pada tahun 1990 di Semarang yang diselenggarakan mahasiswa pecinta alam kedokteran (Mapadoks) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula).

Pertemuan tersebut dihadiri organisasi-organisasi pecinta alam Fakultas Kedokteran se-Indonesia. Sementara Fakultas Kedokteran Unhas sendiri pada saat itu belum mempunyai unit Tim Bantuan Medis ataupun unit Pencinta Alam, sehingga Fakultas Kedokteran Unhas mengirimkan beberapa mahasiswa yang mempunyai minat di bidang kepecintaalaman sebagai utusan pada kegiatan tersebut.
Pertemuan tersebut, kata Mona, sapaannya, mengedepankan kasus-kasus kegawatdaruratan medis yang sering dihadapi di alam bebas dan butuh pertolongan dengan segera. Mempertimbangkan latar belakang sebagai mahasiswa kedokteran yang juga memiliki minat di bidang kepecintaalaman maka dipandang perlu untuk mendirikan organisasi yang mewadahi minat tersebut.

Pada 10 Oktober 1992, Dekan Fakultas Kedokteran Unhas saat itu, Prof Dr Junus Alkatiri, meresmikan Tim Bantuan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dengan ketua pertama yaitu Rochmat Yasin dan jumlah anggota aktif sebanyak 27 orang. Pada saat Mubes II nama TBM FK Unhas diganti menjadi Tim Bantuan Medis (TBM) Calcaneus.

Bendahara TBM Calcaneus, Indrawati A Talila mengatakan, Calcaneus merupakan nama tulang tumit dan tulang penopang. "Kita harapkan lembaga ini menjadi penopang bagi kemanusiaan. Itu pula yang menjadi dasar pemikiran kenapa dinamakan TBM Calcaneus," jelas Indrawati.

Lembaga ini bergerak secara insidental. Ketika terjadi bencana, lembaga ini pun segera turun tangan melengkapi kebutuhan medis di lokasi bencana. "Di mana pun kapan pun kita siap turun. Jika kami mendapatkan informasi terjadinya bencana, kami cek dulu lokasinya, kemudian tim medis pun segera kami turunkan," ujar Indrawati.

Mona menambahkan, perbedaan lembaga ini dengan organisasi lain, adalah kekhususannya di bidang medis. Mereka tidak bertugas dalam mencari orang hilang. Tetapi, lebih kepada bantuan medis bagi korban bencana.

Jika ada bencana mereka yang menjadi penopang melengkapi tim medis. Biasanya saat bencana terjadi, pemerintah berkoordinasi dengan BPBD. "Tugas mereka adalah mengevakuasi. Sementara kehadiran kami adalah melengkapi kebutuhan medis bagi para korban," kata dia.

Jumlah anggota TBM Calcaneus kini mencapai 854 orang. Persaudaraan di antara para anggota pun sangat kuat, bahkan lebih dari keluarga sendiri. "Anggota yang bukan pengurus lagi bahkan tetap rajin ke sekretariat. Nama para pengurus dan anggota sejak terbentuk sampai sekarang masih terdata dengan baik, Kak," ujar Mona.

Sumber : http://www.radartarakan.co.id/index.php/kategori/detail/Utama/48041

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Toko Outdoor Wilboz Adventure Kediri. Designed by OddThemes - Published By Blogger Templates20