DO NOT MISS

1/06/2014

Gunung Prahu Dihijaukan

KENDAL (KRjogja.com) - Sejumlah elemen masyarakat seperti kelompok Pecinta alam, Laskar Kretek dan juga kelompok jejaring sosial Kabupaten Kendal melakukan aksi penanaman pohon di wilayah gunung prahu desa Purwosari Kecamatan Sukorejo Minggu (05/01/2014).

Penanaman secara swadaya tersebut dilakukan karena setahun silam hutan di wilayah gunung prahu terbakar. Pursiswa (27) Warga Desa Ngargosari Kecamatan Sukorejo yang juga koordinator laskar kretek kabupaten Kendal mengatakan penanaman pohon bertujuan untuk penanaman kembali pohon yang terbakar. "Sekitar 3000 pohon kami tanam di tiga hektar lahan yang gundul akibat terbakarnya hutan,"ujar Pursiswa.

Pihaknya bekerja sama dengan pecinta alam dan juga warga desa seputar gunung prahu seperti Desa Ngargosari, Purwosari, Desa Genting Gunung dan Desa Bringinsari menanam pohon jenis mahoni, jabon, waru dan kayu manis. pohon yang ditanam merupakan usaha swadaya dari para pecinta alam dan laskar kretek."Posisi hutan yang terbakar di petak 4 masuk desa Genting Gunung, Desa Purwosari dan Desa Bringinsari untuk itu kami mengupayakan reboisasi secara swadaya,"lanjut Pursiswa. Ditengah guyuran hujan kelompok masyarakat yang berjumlah ratusan itupun tetap menanam berbaur dengan warga sekitar lereng gunung prahu.

Tatin (25) warga Desa Korowelang Kecamatan cepiring salah seorang anggota grup sebuah jejaring sosial mengatakan dirinya jauh-jauh dari pantura ikut berpartisipas menanam pohon di gunung prahu karena jika gunung tersebut gundul maka akibatnya tidak hanya di wilayah sekitarnya namun di pantura. "Kalau gunungnya gundul maka kami yang ada di pantai utara juga akan menerima dampaknya, seperti banjir dan juga endapan lumpur yang terbawa sungai," Tatin.

Terpisah, Maidi  Kepala Desa Purwosari mengaku senang dengan kepeduilian masyarakat terhadap hutan gunung prahu. "Kami berterima kasih atas kepedulian lapisan masyarakat terhadap hutan di gunung prahu, karena bagaimanapun jika hutan ini gundul maka akan berakibat fatal untuk daerah dibawanya," ujar maidi yang rumahnya dipakai untuk pso pendakian Gunung Prahu.

Sumber : http://krjogja.com/read/199895/gunung-prahu-dihijaukan.kr

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Toko Outdoor Wilboz Adventure Kediri. Designed by OddThemes - Published By Blogger Templates20